Jalan-jalan Menyusuri Kota Bandung

Gedung Sate Bandung. Sumber: Tripadvisor


Bandung terbilang menjadi destinasi yang populer di kalangan wisatawan lokal. Bahkan, tidak sedikit orang-orang dari Jakarta pergi melepas penat menuju kota kembang ini. Jaraknya hanya empat jam dari Ibu kota dan bisa ditempuh dengan jalan darat maupun udara. Bila kalian mengunjungi kota Bandung menggunakan kereta api, jangan lupa untuk menyaksikan keindahan pegunungan Bumi Parahyangan yang dilintasi oleh kereta api di atas jembatan rel terpanjang di Indonesia yaitu Cikubang. 

Banyak alasan untuk mengunjungi kota Bandung. Mulai dari ranah fesyen, makanan, dan wisata sejarah ada di kota yang berjuluk Paris Van Java ini. Apa saja?

1. Belanja Fashion

Untuk kalian yang mengaku suka mix and match dan tampil gaya dalam berbusana, Bandung bisa menjadi surga untuk berbelanja pakaian. Kota ini dikenal dengan factory outlet yang tersebar di penjuru kota. Beberapa di antaranya adalah Rumah Mode dan The Herritage

Rumah Mode menjadi factory outlet yang selalu ramai dikunjungi. Berlokasi di wilayah Pasteur tepatnya di Jalan Dr. Setiabudhi nomor 41. Rumah Mode menyediakan berbagai kebutuhan fashion untuk pria, wanita, dan anak-anak. Maka dari itu, tempat ini juga dikenal sebagai penyedia layanan one stop shopping. Harga di sini memang cukup mahal, tetapi dijamin akan worth it dengan pilihan baju yang melimpah ruah serta kenyamanan berbelanja di sini. 

Berpindah menuju Jl. Riau No. 63, kalian akan menemukan satu factory outlet dengan bangunan bergaya lawas era Belanda. Ialah The Heritage Factory Outlet yang telah berdiri sejak tahun 2005 lalu. Sama dengan Rumah Mode, tempat ini juga menawarkan konsep one stop shopping, sehingga kalian akan dimanjakan dengan berbagai produk yang siap memenuhi segala kebutuhan pakaian. Bila tiba-tiba kelaparan saat berbelanja, kalian pun tak perlu khawatir sebab The Heritage Food Market untuk menenangkan perut.

2. Wisata Kuliner

Bandung menawarkan beragam kuliner yang siap menggoyang lidah. Mulai dari makanan legendaris hingga kafe-kafe modern, semua wajib dicoba. Namun, bila kalian tidak memiliki banyak waktu, setidaknya mampirlah ke Batagor Riri, Mie Kocok Mang Dadeng, dan Sumber Hidangan. 

Belum lengkap rasanya jika ke Bandung tetapi belum mencicipi batagor dan mie kocok. Batagor Riri merupakan salah satu merek paling terkenal di kota ini. Kerenyahan batagor yang disajikan ditemani dengan saus kacang yang gurih dan mantap akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kalian. Sempatkanlah mampir ke jalan Burangrang No. 41, tempat di mana Batagor Riri berada. 

Sementara itu, di daerah jalan Ahmad Dahlan, kalian bisa menemukan Mie Kocok Mang Dadeng. Kalian wajib ke sini karena mie kocok ini adalah salah satu kuliner legendaris kota Bandung. Mie Kocok Mang Dadeng telah melayani para penikmat makanan sejak tahun 1970an dan hingga kini tetap mempertahankan bumbu khas secara turun temurun untuk mempertahankan kualitas rasa. 

Mari beralih ke Jalan Braga yang tersohor. Di sini memang menjadi surga bagi wisatawan maupun warga Bandung sendiri dengan ketersediaan berbagai macam restoran yang ada di sini. Di antara beragam rumah makan modern, ada satu yang masih mempertahankan bentuk dan cita rasanya. Ialah Sumber Hidangan, sebuah toko roti yang telah berdiri sejak masa penjajahan Belanda tepatnya pada tahun 1929. Fasilitasnya memang tak semewah dan selengkap kafe kekinian, namun masakan yang ditawarkan akan membekas di ingatan. Menu yang terkenal di sini adalah bistik sapinya yang lezat.

3. Wisata sejarah

Setelah puas berbelanja dan mengenyangkan perut, jangan lupa untuk ikut mengisi kepala kalian dengan pengetahuan baru dan menyelami sejarah. Masih di sekitaran jalan Braga, kalian bisa menyusuri beberapa jejak sejarah hanya dengan berjalan kaki. Tempat-tempat legendaris dan bersejarah di area ini adalah Museum Asia Afrika, Monumen Asia Afrika, Gedung Merdeka, dan penanda kilometer 0 kota Bandung. Tak jauh, kalian juga bisa menemukan alun-alun kota dan Masjid Agung.

Selain itu, Bandung dikenal dengan peristiwa sejarah Bandung Lautan Api yang terjadi pada tahun 1946. Monumennya sendiri berada di jalan Bkr, Ciateul. Melaju ke Jalan Diponegoro No. 22 Citarum, kalian akan menemukan Gedung Sate yang tersohor itu.

Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, masih begitu banyak lokasi yang dapat memanjakan kalian di kota Bandung. Tertarik untuk mengeksplorasinya sendiri? Jangan ragu untuk datang ke sini.

Comments

  1. Bandung kota yang penuh kenangan...

    ReplyDelete
  2. Wah wisata sejarah di Jl Braga sepertinya hrs dicoba itu. Kita sukanya batagor Kingsley mba Erlissa. Thanks for sharing ya mba 😊

    ReplyDelete

Post a Comment