Seberapa Tahu Anda tentang Princess Eugenie?

Media massa dan feed media sosial baru-baru ini diwarnai dengan berbagai berbagai berita terkait Royal Wedding. Ya, Royal Wedding memang selalu memiiki daya tarik tersendiri untuk disimak, seakan memperlihatkan kisah dongeng kerajaan yang ada di dunia nyata. Setelah heboh dengan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle bulan Mei lalu, tanggal 12 Oktober kemarin menjadi hari bahagia bagi Putri Eugenie dari York yang menikah di St. George Chapel. Pernikahannya pun dihadiri oleh sejumlah selebriti papan atas seperti Demi Moore, Kate Moss, Cara Delevigne, dan Robbie Williams. Anda tentu pernah mendengar tentang nama tamu-tamu tersebut, namun bagaimana dengan sang pengantin sendiri? Siapakah sebenarnya Putri Eugenie?
Princess Eugenie merupakan putri yang berada di garis keturunan kesembilan dari tahta kerajaan Inggris. Ia lahir pada tanggal 23 Maret 1990 di The Portland Hospital London sebagai anak perempuan kedua dari Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson yang menjabat sebagai Duke of York dan Duchess of York. Namun sayangnya, kedua orang tuanya bercerai ketika ia baru berusia enam tahun. Putri yang bernama lengkap Princess Eugenie Victoria Helena of York tersebut adalah cucu keenam dari Ratu Elizabeth II yang juga berarti bahwa ia adalah saudara sepupu Pangeran William dan Pangeran Harry.
Princess Eugenie (dibaca Yoo-juh-nee, bukan you-jay-nee), menempuh pendidikan di Marlborough College di Wiltshire pada tahun 2003. Di sana, ia menyelesaikan studi di bidang English Literature dan History of Art, sebelum kemudian melanjutkan untuk mengambil gelar di Newcastle University pada bulan September 2009. Princess Eugenie lulus dengan nilai 2:1 di bidang English Literature, History of Art dan Politics pada tahun 2012. Kini, ia bekerja sebagai art gallery director di Hauser & Wirth, sebuah galeri seni kontemporer yang berada di Mayfair, London.
Sebagai putri kerajaan, Princess Eugenie tentu memiliki kontribusi dan pengaruh yang besar di masyarakatnya. Bersama ibunya, filantropis berusia 30 tahun tersebut bergabung dalam beberapa aksi dan organisasi sosial. Di antaranya adalah Elephant Family yang berkampanye melestarikan populasi dan habitat gajah Asia serta The Teenage Cancer Trust untuk membantu orang-orang muda menghadapi penyakit kanker. Di bidang seni, ia memberikan dukungan bagi Coronet Theater (teater dan art space di Kensingston dan London) dan Tate Young Patrons yang merupakan grup kolektor, filantropis, dan pecinta seni berusia di bawah 40 tahun di mana mereka berkontribusi untuk melestarikan karya bersejarah dan memberikan bantuan program edukasi. Sementara itu di bidang kesehatan, Princess Eugenie menjadi patron bagi The European School of Osteopathy pada tahun 2017 dan The Royal National Orthopaedic Hospital di Stanmore, Middlesex. Mengingat ia pernah menjalani operasi punggung akibat skoliosis yang dideritanya saat berusia 12 tahun, Princess Eugenie memiliki niat untuk membantu mereka yang mengalami kondisi serupa untuk mendapatkan penanganan yang layak.
Hari Jumat kemarin, Princess Eugenie of York baru saja melangsungkan acara pernikahan. Ia mengucapkan janji sucinya untuk menjadi pendamping bagi James Brooksbank, seorang eksekutif yang bekerja di sebuah perusahaan tequila. Mereka bertemu setelah seorang teman memperkenalkan keduanya saat berada di Swiss. Setelah tujuh tahun berkencan, Jack kemudian melamar sang putri ketika mereka tengah berlibur di Nicaragua bulan Januari lalu.

Comments