Perlukah Kita Bekerja di Luar Kantor?


Coworking space. Sumber: medium.com/@kettlespace1


 Ingatkah betapa bahagianya kalian saat sekolah ketika guru tiba-tiba mengajak untuk belajar di luar kelas? Good old days.


Setiap orang pasti pernah merasa bosan ketika bekerja di kantor. Baik karena rutinitas maupun suasana bekerja yang itu-itu saja. Biasanya, kejenuhan ini akan berakhir dengan kebuntuan, di mana kamu akan merasa blank dan kehilangan ide sehingga kamu tidak bekerja secara produktif dan tetap pulang dengan keletihan luar biasa. Tidak perlu takut, sebab kebosanan yang melanda saat bekerja itu wajar. 

Well, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi kebosanan ketika kalian bekerja di dalam kantor. Beberapa dari kalian yang jenuh mungkin bisa saja memutuskan untuk cuti demi menyegarkan pikiran. Namun, nyatanya tidak semua bisa segampang itu untuk cuti, bukan? Sehingga untuk mengakalinya, kalian bisa mencari penyegaran dengan berjalan-jalan sejenak di sekitar kantor, menikmati pemandangan indah dari jendela (jika ada), menyantap camilan, serta bermain bubble wrap, dan resign. 

Bekerja di dalam kantor terkadang memang terlihat seperti penjara, dengan telepon yang tidak berhenti berdering dan tuntutan atasan serta rekan-rekan kerja yang senang ngobrol tentu akan mengalihkan perhatian kalian berkali-kali.Bersyukurlah sekarang kita berada di era modern di mana orang-orang mulai memiliki pemikiran yang luas dan fleksibel. Seiring berjalannya waktu, kini bekerja tidak harus dilakukan secara konvensional, yaitu duduk di dalam ruangan kita sendiri. Istilah working remotely atau bekerja di luar kantor akhir-akhir ini menjadi tren gaya hidup di zaman milenial. Kita pun sering melihat orang-orang bekerja tenang menghadap laptop sambil menyesap segelas cappucino di sebuah coffee shop misalnya. Beberapa menjalankan bisnis mereka sambil menyantap makanan favorit di restoran atau duduk dalam suasana hening di perpustakaan umum. Coworking space kemudian mulai bermunculan di mana-mana sebagai sarana bagi mereka yang ingin membutuhkan suasana baru.

Oleh sebab itu, kian hari kebutuhan akan tempat-tempat di luar kantor yang pas untuk menunjang kebutuhan pekerja nomad semakin meningkat. Namun, kalian tidak perlu khawatir kehabisan tempat sebab Spotqoe siap menjawab kebutuhan kalian. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mencari, memilih, dan memesan ruangan baik untuk kebutuhan bekerja, ruang meeting, gathering, dan pelatihan. Ada sekitar 2,500 tempat (hotel, restoran, dan coworking space) yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap untuk dijadikan alternatif. Lokasi yang disediakan pun tidak main-main, misalnya saja Gran Mahakam, JS Luwansa, dan Aston Hotel. Masalah harga, semua cukup terjangkau. Spotqoe juga sering menawarkan promo special rate dan diskon.

Pemesanan tempat lewat aplikasi Spotqoe tidak mengenal kata ribet. Persis sama seperti ketika kalian book hotel via aplikasi smartphone. Cukup buka aplikasi SpotQoe yang sudah diunduh dari Google Play atau akses melalui website www.spotqoe.com. Setelah itu, silakan sign up dan log in. Selesai registrasi, kalian bisa memilih tempat sesuai dengan daftar yang tersedia, pesan dan ruangan pun siap digunakan. Pembayaran nantinya akan dilakukan on the spot kepada pihak hotel/restoran/coworking space yang sudah dipesan. Beberapa tempat ada yang memberlakukan sistem down payment atau DP yang dapat dibayarkan melalui SpotQoe. Mudah, bukan?

Bekerja di luar kantor memang terbukti memberi pengaruh positif. Mengutip website entrepreneur.com, sebuah survey yang dilakukan oleh Morar Consulting baru-baru ini membuktikan bahwa kultur work anywhere memberikan nilai plus pada produktivitas. Hal ini juga didukung dengan sebuah penelitian dari MindMetre Research yang menyimpulkan bahwa mobile working membantu pekerja lebih berkonsentrasi dan bekerja semakin produktif. Kedua, dengan adanya suasana baru, peluang pekerja mengalami stress lebih rendah dan tekanan yang ia dapatkan tidak terlalu tinggi, sehingga kemungkinan pekerja untuk cuti karena sakit pun berkurang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita beranjak sedikit dan mengganti suasana bekerja.

Comments