It's Mischief Night!

Ilustrasi Mischief Night. Sumber: theodysseyonline


Sehari sebelum Halloween, beberapa tempat di Amerika Serikat akan melakukan sebuah tradisi unik. Umumnya, kegiatan pada malam Halloween ini dikenal dengan nama Mischief Night, di mana orang-orang (terutama remaja) akan membuat lelucon dengan menjahili siapa saja. Aksi-aksi usil yang dilakukan biasanya masih tergolong aman dan (semoga) tidak menimbulkan bahaya yang berarti. Misalnya saja dengan melempar tisu toilet di pohon depan rumah orang lain, melempari rumah dan mobil orang dengan telur, bermain lempar-lemparan tomat busuk, menyabuni kaca, powder bombing, dan mengetuk-ngetuk pintu orang sebelum kemudian lari bersembunyi. Dulu bahkan ada yang melepas dan menggantung pintu halaman orang lain di tiang lampu.

Setiap negara memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk menamai All Hallow Eve ini. Di Amerika Serikat, Mischief Night disebut juga sebagai Devil's Night di daerah Great Lake, Devil's Eve di Arkansas, Goosey Night di daerah New York dan New Jersey serta Moving Night di Maryland. Di Inggris bagian utara dikenal dengan Chiveous Night dan Micky Night atau Mizzy Night. Istilah lain yang juga digunakan di wilayah lain adalah Cabbage Night, Gate Night, dan Mat Night.

Histori menyebutkan bahwa tradisi Mischief Night bermula dari Inggris. The Guardian menyebutkan bahwa istilah Mischief Night pertama kali dipakai pada tahun 1790 ketika seseorang menulis tentang kepala sekolah di St. John's College Oxford yang pernah memuji trik anak-anak sekolahnya dan menyebutnya sebagai Ode to Fun yang masih dinilai wajar.

Sejarah Inggris lain juga menceritakan, Mischief Night sebenarnya dirayakan pada tanggal 4 November atau sehari sebelum Bonfire Night (Guy Fawkes Night). Hal ini merujuk pada kisah aksi gun powder plot, yaitu pengeboman gedung parlemen London yang gagal dilakukan oleh Guy Fawkes pada tanggal 5 November 1605. Hingga kini, Mischief Night tetap dilakukan pada tanggal 4 November.

Lalu, kapan istilah ini muncul dan mejadi begitu populer di Amerika Serikat? Tradisi ini dipercaya dibawa oleh para imigran dari Skotlandia dan Irlandia yang pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1800-an. Seiring berjalannya waktu, Mischief Night ini diasosiasikan dengan Halloween. Bisa dikatakan, ini adalah bagian 'trick' pada istilah "trick or treat" yang selalu diteriakkan anak-anak saat berkunjung ke rumah-rumah di hari Halloween.

Comments