Weihenstephan Brewery: Tempat Pembuatan Bir Tertua di Dunia

Weihenstephan Brewery. Sumber: tripsavvy.com

Ketika menyebut negara Jerman, bir dan pretzel umumnya menjadi stereotype yang selalu melekat di ingatan banyak orang. Perlu diketahui, bir memang sudah menjadi bagian dari kehidupan dan tradisi masyarakat Jerman. Selain dikenal sebagai negara Sang Führer, Jerman juga tersohor sebagai negara penghasil bir terbesar di dunia. Terdapat sekitar 1000 jenis bir dan 5000 merek bir yang lahir di seantero wilayah Jerman. Jenisnya pun berbeda-beda, misalnya saja Helles, Pilsner, Weissbier, Kölsch, Dunkel, Bock, dan Schwarzbier

Melihat banyaknya jenis bir yang dibuat di Jerman, tentu dapat ditebak bila negara ini juga memiliki ribuan rumah penyulingan atau brewery. Setiap brewery di setiap wilayah Jerman memiliki tradisi masing-masing untuk mempertahankan rasa dan kualitasnya. Beberapa tempat pembuatan bir yang terkenal misalnya saja Augustiner Bräu,  Bitburger Brewery, Hofbräuhaus, dan Paulaner Bräuhaus (yang juga dapat ditemui di Jakarta). Selain nama-nama tersebut, terdapat satu tempat yang dikenal sebagai brewery tertua di dunia yaitu Weihenstephaner.

Logo Weihenstephan. Sumber: weihenstephaner.de
Weihenstephaner adalah satu-satunya brewery tertua di dunia yang terletak di kota Freising, Bavaria. Berawal di tahun 725, Santo Corbinian mendirikan sebuah biara bernama Benedictine di atas Naehrberg Hill bersama keduabelas pengikutnya. Saat itulah ia menginisiasi cara penyulingan bir di Weihenstephan. Pada tahun 1040, tempat ini baru mendapat lisensi resmi untuk memproduksi dan menjual bir dari City of Freising, dan inilah yang menandai awal lahirnya Weihenstephan Monastery Brewery. Namun, perjalanan menuju kekokohannya yang sekarang tidak berjalan mulus. Bangunan ini sempat dibakar habis hingga empat kali, dihancurkan oleh wabah dan gempa bumi di tahun 1085. Beberapa tahun berselang dan setelah mengalami proses pembangunan, pada tahun 1921 tempat ini secara resmi memiliki nama baru yaitu Bavarian State Brewery Weihenstephan dan menjadi perusahaan penyulingan bir yang hingga kini menghasilkan produk-produk bir yang populer. Great Seal of The Bavaria State digunakan sebagai logo perusahaan sejak tahun 1923 hingga saat ini. Meski menyandang nama sebagai brewery tertua, namun Bavarian State Brewery Weihenstephan diklaim sebagai tempat pembuatan bir yang paling modern.Tradisi dalam pengolahan bir tetap mereka pertahankan untuk menghasilkan bir dengan kualitas terbaik yang tak tertandingi kenikmatannya.

Untuk menjelajah  dan memuaskan rasa ingin tahu para penikmat bir dan turis akan tempat pembuatan bir tertua ini, kini mereka telah menyediakan Brewery Tour. Pengunjung akan dipandu untuk berjalan menyusuri kisah 1000 tahun sejarah berdirinya Bavarian State Brewery Weihenstephan dari awal hingga menjadi populer saat ini. Selain itu, pengunjung juga akan diberikan kesempatan untuk menyaksikan proses dan seni dibalik pembuatan bir yang mereka miliki dalam menghasilkan minuman yang berkualitas. Supaya tur ini semakin lengkap, pengunjung juga diberikan kesempatan untuk mencicipi bir hasil olahan mereka.

Comments