Selamat Ulang Tahun, Google!


Sumber: Google

Apakah Anda menemukan sesuatu yang berbeda dengan halaman depan Google kemarin? Jika Anda ingat, logo Google pada di halaman depan search engine tersebut dibentuk bagaikan balon di atas beberapa kado yang berjejer. Di tengahnya, terdapat balon berangka 20 yang membentuk dua huruf ‘O’-nya. Hal ini dibuat tentu bukan tanpa alasan. Seperti yang kita ketahui, Google biasanya membuat fitur Google Doodle pada momen-momen spesial yang terjadi secara global. Kali ini, logo Google yang berbeda dibuat untuk merayakan hari jadinya yang ke-20.
Ide Google Doodle di hari ulang tahunnya kemarin mengangkat tentang 20 topik populer yang paling banyak dicari pada dua dekade terakhir. Uniknya, semua ditampilkan dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Jepang, Jerman, China, dan Indonesia. Animasi ini diawali dengan tampilan lawas Google ketika diluncurkan pada tahun 1998 dengan kata pencarian ‘apa itu Google?’ Subyek lain yang kemudian  muncul diantaranya adalah istilah Y2K di tahun 2000, Piala Dunia tahun 2002 di Korea dan Jepang, status Pluto sebagai planet di tahun 2006, Royal Wedding tahun 2010, ramalan suku Maya tentang tahun 2012, dan lahirnya kata selfie di tahun 2014. Google Doodle pun akhirnya ditutup dengan ucapan terima kasih mereka di tahun 2018 ini.
Perjalanan Google sebagai mesin pencari  di dunia maya berawal pada tahun 1996, saat duo Larry Page dan Sergey Brin lulus dari Universitas Stanford. Keduanya kemudian mengembangkan gagasan untuk membuat sebuah search engine dengan bentuk halaman website di mana penggunanya dapat mencari informasi tentang dunia dengan mudah dan dapat diakses secara universal. Google pun kemudian menjadi inovasi mereka pada tahun 1998, tepatnya pada tanggal 4 September. Namun, ulang tahunnya dirayakan setiap tanggal 27 September. Page dan Brin lalu mendirikan Google Inc dan seperti cerita yang  sudah beredar, kantor pertama mereka adalah sebuah garasi milik Susan Wojcicki yang sekarang mengepalai YouTube. Sekarang, Google yang tersedia dalam 150 bahasa, sudah menjadi layanan super lengkap yang terus berinovasi dengan fitur-fitur pendukung seperti Google Maps, Gmail, Blogger, dan sistem operasi Android.
Memang tak terasa bahwa sudah 20 tahun Google menemani berbagai aktifitas kita sehari-hari. Rasanya, ‘tiada hari tanpa Google’ bisa menjadi ungkapan yang cocok bagi kita semua. Mulai dari mencari tahu soal hal-hal sepele semacam cara memasak nasi, berita artis-artis internasional yang sedang naik daun, hingga tulisan-tulisan akademik yang rumit, semua tersedia di mesin pencari ini. Bahkan, pencarian konyol seperti are Ernie and Bert married? dapat dicari lewat Google. Jangan lupa, skripsi dan tugas-tugas Anda pun tak akan selesai berkat jasa ‘professor’ yang satu ini. Sudah selayaknya kita membalas ucapan Google di tahun 2018: Terima kasih kembali, Google, dan selamat ulang tahun!


Comments