Penggunanan Gawai di Masa Kini

Di era modern saat ini, segala hal dapat dilakukan dengan lebih mudah berkat kemajuan teknologi terutama di bidang telekomunikasi. Berbagai hal kini dapat dilakukan hanya dengan memainkan jari-jari Anda di atas layar gawai dan voila! Semua yang Anda inginkan sudah berada di dalam genggaman. Tak hanya terbatas soal komunikasi serta cara mendapatkan informasi dan perkembangan dunia, gadget kini juga dapat membantu Anda mulai dari urusan bisnis, transaksi keuangan, transportasi, bahkan hingga urusan perut yang kelaparan hanya dengan duduk manis. 

Pertama, mari kita fokuskan penggunaan gawai dalam bidang komunikasi. Kehadirannya jelas mempermudah kita soal menyambung silaturahmi dengan rekan maupun sanak saudara yang tinggal nun jauh di sana. Bila pada zaman dahulu kakek-nenek kita dengan sabar menunggu Pak Pos berhari-hari untuk membawakan sebuah amplop berisi surat yang mengabarkan tentang keberadaan orang-orang terdekatnya, sekarang kita hanya perlu mengetuk layar telepon genggam. Sebuah pesan singkat melalui Whatsapp atau e-mail sudah mampu menjadi andalan untuk tetap saling menyapa dalam waktu yang singkat. Opsi lain yaitu ketuk saja aplikasi kontak dan ketikkan nama orang yang ingin Anda hubungi. Suara melalui telepon sudah bisa menjawab kerinduan kita akan orang-orang terkasih.

Kedua, gawai juga menjadi andalan bagi kita untuk mencari informasi dan perkembangan gaya hidup terbaru di dunia. Berita-berita teraktual mudah kita akses melalui Twitter dan Instagram. Bila ingin mencari topik atau bahan untuk studi dan pengetahuan, mesin pencari Google dapat menjadi laman andalan di gadget. Ya, seharusnya dengan adanya kemudahan ini, wawasan para pembacanya semakin terbuka dan cerdas. Namun nyatanya masih banyak dari kita yang dengan mudah terjerumus dalam cerita-cerita hoax dan provokasi. Akibatnya, banyak pihak-pihak yang terpecah belah karena perbedaan pemikiran yang sebenarnya bila disikapi dengan benar dapat memberikan wawasan yang baru dan menentukan kedewasaan pembacanya. 

Ketiga, banyak aspek-aspek lain yang bisa dimanfaatkan dari penggunaan gawai. Seperti yang disebutkan di atas, misalnya saja untuk bertransaksi kini tak perlu harus datang menyetor lewat bank melainkan bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi mobile banking.  Bagi Anda yang ingin bepergian, pemesanan tiket transportasi dan penginapan bisa selesai dengan tarian jari jemari. Bahkan bila Anda malas untuk pergi membeli makanan, aplikasi pesan-antar sudah menjadi jagoan di kala perut meronta kelaparan. Aplikasi YouTube dan Spotify juga siap menemani Anda di kala bosan dan membutuhkan hiburan di sela rutinitas harian. Bahkan, saya pun menulis ini sambil menyaksikan pertandingan sepak bola dari layar smartphone. Namun di balik kemudahan yang tersedia, gadget yang satu ini membuat orang-orang semakin kecanduan. Tak jarang sebagian besar dari kita yang tak tahan untuk tidak menatap layar gawai selama lima menit. Sayangnya, hal ini bisa merusak kehidupan sosial kita di dunia nyata bila tidak digunakan secara bijak.

Dengan beberapa alasan di atas, gawai sekarang sudah menjadi perangkat pendukung yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Tak bisa dipungkiri bahwa semakin hari kita semakin bergantung dengan alat yang satu ini dengan segala kemudahan yang diberikannya. Namun, ada baiknya bila kita semakin bijak dalam menggunakan gadget. Dengan banyaknya informasi yang masuk, ada baiknya bila kita bisa menyaring dan mempelajari mana yang benar dan mana yang tidak. Bukan menelan sesuatu mentah-mentah dan dijadikan dasar pemikiran kita. Selain itu, kedewasaan dalam berpikir dan bersikap juga diperlukan mengingat beragam pendapat masyarakat luas tersebar di dunia maya. Penggunaannya pun sebaiknya dibatasi, sebab kita juga masih perlu bersosialisasi dengan manusia di sekitar kita. Gawai seharusnya bisa membantu kita untuk melihat keindahan dunia, dan semakin hari membentuk kita sebagai pribadi yang elok. Seperti halnya seekor ulat yang suatu saat berubah menjadi kupu-kupu, memiliki tubuh baru yang cantik dan siap terbang melihat dunia secara lebih luas.

Comments