Menikmati Keindahan Hofbräuhaus di München

Courtesy if www.visit-munich-bavaria.com

Pada tahun 1589, seorang bangsawan Bavaria bernama Wilhelm V mendirikan sebuah brewery yang diperuntukkan khusus bagi kerajaan. Namun, seiring berjalannya waktu bangunan ini kemudian diambil alih oleh pemerintah. Kegiatan pembuatan bir di sini masih bertahan, hingga akhirnya pada awal abad ke-20, Hofbräuhaus menjadi kedai minuman paling terkenal di dunia. Begitulah setidaknya cerita singkat awal mula Hofbräuhaus, sebuah rumah pembuatan bir yang terletak di jantung kota München, Jerman.
Hofbräuhaus yang amat terkenal ini menjadi salah satu dari sekian atraksi menarik di kota München. Terlepas dari birnya (dengan logo HB) yang melegenda dan kelezatan kuliner tradisional Bavaria yang disajikan, Hofbräuhaus memiliki arsitektur bangunan yang begitu indah. Perpaduan konsep klasik dan modern membaur menjadi kesatuan yang membuat setiap mata yang melihatnya bersinar kagum. Berdasarkan hal tersebut, tak heran apabila kedai minuman dan restoran ini menjadi beer hall paling ramai di München.
Hofbräuhaus yang juga merupakan brewery tertua di München ini dihiasi dengan ornamen klasik di setiap ruangannya. Total terdapat delapan area yang memiliki gaya dan kekhasannya masing-masing yang menjadi bagian dari tempat pembuatan bir ini. Kedelapan tempat tersebut adalah Schwemme, Biergarten, Bräustüberl, Festsaal, Münchner Zimmer, Erkerzimmer, Erkerbar,d an Wappensaal.
1. Schwemme
 
Courtesy of www.hofbraeuhaus.de
Schwemme merujuk pada sebuah aula besar yang terletak di lantai dasar Hofbräuhaus. Kapasitasnya cukup besar dan mampu menampung hingga 1300 orang. Satu hal yang membuat Schwemme mudah diingat adalah langit-langit aulanya yang dihiasi lukisan penuh warna dengan unsur bendera Bavaria, menyiratkan kesan klasik bagi pengunjung yang menginjakkan kaki di sini. Bangku dan meja yang berada di sini merupakan peninggalan lama yang sudah ada sejak tahun 1897. Hal ini bisa dilihat dari adanya coretan nama-nama inisial dan komentar-komentar pengunjung yang terukir di sisi-sisinya. Yang unik, pada bagian ini terdapat sebuah ‘loker’ khusus untuk menyimpan mug-mug para pengunjung setia Hofbräuhaus, lengkap dengan nomor dan kuncinya.
2. Biergarten
 
Courtesy of www.hofbraeuhaus.de
Keindahan yang ditawarkan di area Biergarten pun tak kalah luar biasa. Kesan damai, sejuk, dan rindang seketika muncul begitu tiba di area terbuka ini. Sesuai dengan namanya, Biergarten (yang berarti beer garden) terletak di luar bangunan Hofbräuhaus, di mana para pengunjung dapat menikmati satu masskrug bir di bawah pohon-pohon chestnut yang tumbuh hijau. Kapasitas Biergarten cukup besar yakni dapat menampung sekitar 400 orang.
3. Bräustüberl
Courtesy of www.hofbraeuhaus.de
Bräustüberl berada di lantai pertama restoran ini. Ruangan ini merupakan perpaduan unsur stylish dan suasana ala budaya Bavaria dengan unsur modern yang cukup terasa. Sembari menikmati satu porsi pork knuckle yang lezat, pengunjung dapat melihat pemandangan yang mengarah ke Platzl Square.
4. Festsaal
Courtesy of www.hofbraeuhaus.de
Aula yang satu ini mungkin dapat menjadi tempat yang paling bersejarah di Hofbräuhaus. Bagaimana tidak, sejarah mencatat bahwa Adolf Hitler pernah mengadakan pertemuan pertama di Festsaal untuk membicarakan soal nasional –sosialis dan partai Nazi pada bulan Februari 1920. Sebuah plakat berwarna emas pun masih tertempel di sana, sebagai penanda bahwa Sang Führer pernah berpidato di tempat yang sama. Area Festsaal juga pernah rusak akibat Perang Dunia kedua sebelum kemudian direnovasi pada tahun 1958. Tempar ini berkapasitas hingga 700 orang dan siap memanjakan mereka yang hadir dengan iringan musik tradisional.
5. Münchner Zimmer
Courtesy of www.hofbraeuhaus.de
Di dalam Münchner Zimmer, pengunjung akan disuguhi keindahan goresan mural antik dan berbagai lukisan yang yang menggambarkan kota München ketika Hofbräuhaus didirikan pada tahun 1589. Suasana elegan semakin terasa dengan hiasan chandelier dengan desain yang modern. Menengok ke luar, pemandangan Biergarten siap menyejukkan mata Anda.
6. Erkerzimmer
 
Courtesy of www.hofbraeuhaus.de
Satu hal yang membedakan Erkerzimmer dengan ruangan lainnya adalah keberadaan langit-langit kaca berbentuk segi delapan. Erkerzimmer merupakan kombinasi unsur klasik yang dipadukan dengan interior nan stylish.
7. Erkerbar
Courtesy of www.hofbraeuhaus.de

Hofbräuhaus memang nampaknya memberikan hiasan langit-langit yang berbeda untuk setiap ruangannya. Setelah lukisan, mural, dan kaca, kali ini langit-langit antik ruangan Erkerbar dipercantik dengan motif kartu. Atmosfer neo-renaissance cukup terasa di sini. Ruangan ditata sedemikian rupa layaknya sebuah kedai di tahun 1900-an.
8. Wappensaal
Courtesy of www.hofbraeuhaus.de

Dulu, Wappensaal merupakan ruang makan yang diperuntukkan bagi pelayan raja dan bangsawan. Area ini ditata kini sedikit lebih modern dibandingkan ruangan yang lain, dilengkapi dengan iringan musik dari sebuah acara bernama  Z am Rocken.

Comments

Post a Comment