Mengobati Rindu Masakan Rumah di Angkringan Malam Blok M Square

Sebagai anak rantau, saya terkadang kesulitan untuk menentukan apa yang kira-kira enak disantap untuk makan malam. Bukan karena tak ada pilihan, namun ada saat-saat di mana saya bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Tak jarang pula saya terbayang suasana rumah dan merindukan masakan Ibu. Bila sudah seperti ini, biasanya saya akan pergi ke Blok M Square pada sore hari untuk memanjakan lidah.
Ada apa di Blok M Square? Ketika malam tiba sekitar pukul 18.30 hingga dini hari, halaman depan Blok M Square disulap menjadi angkringan dan tempat makan lesehan. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung saat makan malam. Puluhan jenis masakan rumahan yang umumnya adalah makanan Jawa dan Sunda terhampar di sin, siap dijajakan oleh para penjualnya dan menggoyang lidah para pengunjung. Menu lauknya bervariasi, di antaranya ada ayam goreng, cumi-cumi, tongkol bumbu rica, empal goreng, udang, dan gudeg. Pilihan sayuran yang tersedia juga tak kalah banyak. Biasanya yang sering ditemui adalah tumis daun pepaya, tumis brokoli, tumis kangkung, cap cai, tumis buncis, urap-urap, dan pecel. Tak perlu khawatir bila Anda adalah penggemar pedas, sebab kebanyakan penjual menyediakan berbagai jenis sambal, mulai dari sambal cabai hijau, sambal terasi, dan sambal bawang. Semua makanan disusun rapi di atas meja dalam wadah beralaskan daun pisang.
Angkringan malam Blok M Square dipenuhi sekitar 10 penjual makanan, namun ada dua penjual yang menjadi favorit saya. Pertama adalah angkringan Bu Hendro, berada di bagian tengah halaman Blok M Square tepat di seberang Gramedia. Menu rumahan yang dijual di sini menurut saya terbilang cukup lezat dengan rasa yang cukup medok serta harganya tidak begitu menguras kantong. Satu porsi sayuran biasanya dihargai Rp. 5000, berbeda dengan lauk ayam goreng yang berkisar Rp. 10.000 – 15.000. Sambal bawang andalan yang disediakan di sini juga memiliki kepedasan yang tidak main-main. Kedua adalah angkringan Bu Gendut yang terletak di ujung pelataran Blok M Square, ditandai dengan berdirinya sebuah spanduk warna hijau bertuliskan namanya. Menu masakan Bu Gendut kurang lebih sama dengan milik Bu Hendro, namun harganya sedikit lebih mahal. Hal ini wajar bagi saya, sebab makanan yang disediakan jauh lebih lezat dan bumbunya lebih terasa. Sayuran kesukaan saya di sini adalah tumis daun pepaya dan cap cai dengan harga Rp. 8000 per porsi. Tumis cumi-cumi asin pedasnya juga tak kalah lezat dan per porsinya dikenakan Rp. 10.000. Lauk-lauk lainnya seperti ayam goreng, paru goreng, teri, dan tongkol berkisar antara Rp. 15.000 – Rp. 40.000.
Bila Anda rindu dengan masakan rumah dan ingin mencari tempat makan dengan varian menu yang banyak, tidak ada salahnya untuk mencicipi angkringan malam di Blok M Square. Tempatnya cukup mudah ditemui, masuk saja dari pintu masuk dekat Pasaraya Blok M dan cukup berjalan lurus sedikit. Soal harga sebenarnya itu tergantung dari menu yang Anda pilih. Setidaknya, siapkan saja Rp. 50.000 untuk bisa menyantap makanan lengkap dengan menu lauk dan sayuran. Bon appétit!

Comments