Martin Freeman, Sang Aktor Ikonik Asal Inggris

Martin Freeman. Sumber: www.martin-freeman.com


You, being all mysterious with your cheekbones and turning your coat collar up so you look cool.”


Bagi Anda penggemar serial detektif Sherlock, pasti sudah tak asing dengan sepenggal ucapan di atas. Kalimat tersebut dilontarkan oleh John Watson kepada Sherlock Holmes di episode The Hounds of Bakersville yang tayang pada tahun 2012. Dalam serial yang ditayangkan oleh BBC ini, karakter John Watson diperankan oleh Martin Freeman, bersanding dengan Benedict Cumberbatch yang memerankan Sherlock Holmes.

Tak ada salahnya jika kali ini kita membicarakan sedikit soal Martin Freeman, tepat pada hari ulang tahunnya di tanggal 8 September. Bernama lengkap Martin John Christopher Freeman, ia lahir 47 tahun silam di Aldershot – sebuah kota kecil di Hampshire, Inggris. Ia sempat menjalin kasih dengan Amanda Abbington, seorang aktris yang juga berperan sebagai pasangan John Watson di serial Sherlock. Mereka dikaruniai dua anak bernama Grace Freeman dan Joe Freeman. Namun sayangnya, hubungan suami-istri ini kandas pada akhir tahun 2016.

Martin Freeman sebenarnya sudah lama lalu-lalang dalam dunia perfilman. Aktor berdarah Inggris ini mengawali karirnya bermain di beberapa serial televisi, salah satu di antaranya adalah serial The Office versi UK pada tahun 2002. Dalam film tersebut, ia memerankan karakter Tim Canterbury yang melambungkan namanya sebagai aktor komedi.  Tahun berselang, sang aktor semakin dikenal publik dunia berkat perannya sebagai Bilbo di film trilogy The Hobbit: An Unexpected Journey, The Hobbit: The Desolation of Smaug, dan The Hobbit: The Battle of the Five Armies. Bahkan dengan jam terbangnya yang tinggi, ia nyaris kehilangan peran Bilbo sebab jadwal produksinya sempat bentrok dengan serial Sherlock. Selain film-film tersebut, Martin Freeman juga turut ambil bagian dalam film superhero produksi Marvel. Para pecinta Marvel Cinematic Universe pasti sudah mengenalinya sebagai sosok Everett Kenneth Ross yang muncul dalam film Captain America: Civil War dan Black Panther. Setidaknya, itulah karakter-karakter yang bisa disebut tak terpisahkan dengan sosok Martin Freeman ketika namanya disebut.

Dengan sederet film-film yang sukses baik di layar kaca maupun layar lebar, nama Martin Freeman pun sudah berkali-kali masuk ke dalam nominasi ajang penghargaan bergengsi dunia perfilman. Perannya sebagai Tim Canterbury di The Office dinominasikan sebagai Best Comedy Performance pada penghargaan BAFTA 2002. Ia berhasil membawa pulang penghargaan Best Actor pada ajang Empire Award 2013 dan Best Hero di MTV Movie & TV Awards 2013 berkat film The Hobbit: An Unexpected Journey. Sementara, penghargaan terbanyak ia raih dari perannya sebagai Dr. John Watson dalam serial Sherlock, diantaranya adalah penghargaan Best Supporting di BAFTA 2011, nominasi Best Supporting Actor di BAFTA 2012, Best Supporting Actor di Crime Thriller Awards 2012, dan Outstanding Supporting Actor in Drama Series pada Primetime Emmy Awards 2014.

Meski film The Hobbit dan serial Sherlock sudah berakhir, namun aksi Martin Freeman hingga kini masih bisa dinantikan. Saat ini ia hadir menghiasi layar kaca berperan sebagai Mike Priddle di serial televisi bertema supernatural, Ghost Stories. Dan, tidak menutup kemungkinan pula bila ia akan kembali hadir di film-film lanjutan Marvel Cinematic Universe mendatang.

Comments