Liverpool 3-2 Paris Saint-Germain: Firmino Menjadi Pahlawan Kemenangan The Reds

Firmino dan skuad Liverpool. Sumber: www.bbc.com

Salah satu pertandingan di matchday pertama Liga Champions musim 2018/2019 kali ini mempertemukan Liverpool dan Paris Saint-Germain (PSG) di Anfield pada hari Selasa, 18 September 2018 waktu setempat. Malam itu, Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel yang sama-sama pernah melatih Borussia Dortmund saling beradu strategi untuk merebut tiga poin penting.
The Reds yang menjadi tuan rumah tentu tidak menyia-nyiakan kesempatan ini di depan para suporternya. Anak-anak asuh Jurgen Klopp mulai menyerang dari menit awal pertandingan. Berbagai upaya dari pemain-pemain andalan seperti Virgil Van Djik, James Milner, dan Sadio Mané belum mampu menemui sasaran. Hingga akhirnya pada menit ke-30, Daniel Sturridge membuat publik Anfield bersorak gembira. Umpan silang dari Andrew Robertson disambut dengan baik oleh Sturridge, yang kemudian melesakkan bola menggunakan kepalanya dan membuat Alphonse Areola terpaksa memungut bola dari dalam gawang.
PSG yang diperkuat oleh Neymar, Edinson Cavani, Thiago Silva, dan Angel Di Maria pun berusaha membalas serangan ke area pertahanan  Liverpool. Peluang emas mereka tercipta pada menit ke-17 ketika Neymar melesakkan bola dari jarak 16 meter di depan gawang Liverpool dan ternyata dapat dihalau oleh Alisson. Bola muntah dari kiper anyar Liverpool tersebut kemudian diterima oleh Cavani yang berada di depan gawang. Namun sayangnya, Alisson kembali berhasil melakukan penyelamatan gemilang. Tak ketinggalan, Kylian Mbappé juga turut menciptakan beberapa peluang bagi PSG, hanya saja upaya pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018 tersebut belum berbuah.
Petaka muncul bagi PSG pada menit ke-35 saat Juan Bernat melanggar Wijnaldum di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih tanda tendangan penalti diberikan bagi kubu Liverpool. Milner yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menunaikan tugasnya, mengarahkan bola ke sisi kanan gawang Areola dan membuat Liverpool unggul 2-0. Kondisi tersebut tidak membuat PSG menyerah begitu saja. Dan benar, Thomas Meunier memperkecil  skor setelah ia mengkonversi umpan dari Di Maria lima menit jelang turun minum. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk keunggulan The Reds.
Di babak kedua, masing-masing kesebelasan saling menyerang dan mencari celah untuk menembus pertahanan. Berbagai percobaan yang dilakukan PSG akhirnya memberikan hasil yang cukup berarti. Pendukung Liverpool dibuat terdiam setelah Mbappé sukses menjebol gawang Alisson pada menit ke-80. Pemain Prancis tersebut menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah memanfaatkan umpan dari Neymar. Dan sayang sekali, skor ini hanya bertahan beberapa menit. Roberto Firmino yang masuk menggantikan Sturridge menjadi pahlawan Liverpool malam itu. Memasuki injury time tepatnya di menit ke-92, Firmino mencetak gol penentu kemenangan si merah dan membuat Anfield kembali riuh malam itu.
Kemenangan ini tentu sangat berarti bagi skuad asuhan Jurgen Klopp. Liverpool sementara bertengger sebagai pemuncak klasemen grup C dengan koleksi 3 poin. Sementara di pertandingan lainnya, Borussia Dortmund, Atletico Madrid, dan Barcelona juga meraih poin penuh di hari pertama laga Liga Champions.

Comments