Bayer Leverkusen Menang Tipis Atas Ludogorets di Liga Eropa

Kai Havertz bersama Kevin Volland. Sumber: twitter.com/bayer04_en

 Bayer 04 Leverkusen akhirnya meraih kemenangan perdana mereka  musim ini setelah sebelumnya kalah tiga kali berturut-turut di gelaran Bundesliga. Kali ini, Die Werkself (julukan Bayer Leverkusen), berhasil menang tipis atas PFC Ludogorets Rasgardz pada pertandingan pembuka grup A UEFA Europa League 2018/2019 yang berlangsung tadi malam, 20 September 2018.

Pertandingan malam itu bukanlah hal yang mudah bagi tim asuhan Heiko Herrlich. Bayer Leverkusen harus bertandang ke Ludogorets Arena (kandang PFC Ludogorets Rasgardz) di Bulgaria dan bertanding di stadion yang mayoritasnya dipenuhi oleh pendukung The Eagles. Tuan rumah unggul di menit ke-8 berkat gol Claudiu Keșerü dan Marcelinho pada menit ke-31. Dengan kondisi tertinggal dua gol di 30 menit pertama, Leverkusen berusaha menguasai pertandingan dan menciptakan beberapa peluang. Lars Bender sempat mengancam gawang Ludogorets yang dijaga oleh Renan dos Santos dengan sundulannya, namun sayangnya masih meleset. Ialah Kai Havertz yang kemudian berhasil menipiskan skor menjadi 2-1 pada menit ke-38. Tendangannya dari luar kotak penalti tak mampu ditangkap oleh Renan. Skor ini pun bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, Bayer Leverkusen terlihat semakin menguasai bola. Heiko Herrlich melakukan beberapa pergantian pemain dengan memasukkan Kevin Volland untuk menggantikan Paulinho di awal babak kedua dan Leon Bailey yang menggantikan Lars Bender 20 menit jelang peluit panjang. Saat pertandingan memasuki menit ke-64, gawang Ludogorets kembali terkoyak. Julian Brandt mengirimkan bola ke tengah gawang dari sisi kiri dan Renan menghalaunya keluar. Bola tersebut kemudian disambut manis oleh Kiese Thelin yang langsung menendangnya ke dalam gawang. Enam menit berselang, tim tamu kembali melakukan selebrasi berkat gol kedua Kai Havertz. Pemain muda berusia 19 tahun tersebut melakukan tendangan kuat menuju gawang Renan setelah ia menerima umpan dari Dominik Kohr yang berhasil menggiring bola seorang diri dari tengah lapangan. Sko 3-2 untuk kemenangan tim Jerman tersebut bertahan hingga pertandingan usai.

Kemenangan atas Ludogorets menempatkan Bayer Leverkusen sebagai pemuncak  klasemen sementara di grup A turnamen Europa League, bersanding dengan FC Zurich yang juga meraih tiga poin setelah menang melawan AEK Larnaca. Selain sebagai kemenangan perdana, laga malam itu juga menjadi sejarah bagi tiga singa baru Die Werkself yang bertanding untuk pertama kalinya di kancah Eropa di bawah bendera Bayer 04 Leverkusen. Mereka adalah Lukáš Hrádecký, Paulinho, dan Kiese Thelin. Kai Havertz juga turut menjadi pahlawan dengan kedua gol pertamanya di gelanggang Eropa.


Comments