5 Fakta Tentang Thomas Müller

Thomas Müller. Sumber: www.deutschland.de

Nama Thomas Müller sudah pasti tak asing terdengar di telinga para pecinta sepak bola. Pemain klub sepak bola Bayern München tersebut sudah menunjukkan kehebatannya di atas lapangan hijau sebagai second striker dan raumdeuter. Berikut adalah lima fakta yang setidaknya Anda perlu ketahui tentang pria kelahiran Jerman tanggal 13 September 29 tahun silam ini.


1. Thomas Müller dan Karir Gemilang Sepakbola
 Thomas Müller mengawali karirnya sebagai pesepakbola di klub TSV Pähl Jugend. Kemudian pemain kelahiran Weilheim ini bergabung dengan FC Bayern Youth pada tahun 2000 ketika ia masih berusia 10 tahun. Seiring perkembangan karir dan peningkatan kualitasnya dalam mengolah si kulit bundar, Müller akhirnya mendapatkan tempat di klub senior Bayern München  di tahun 2008. Debutnya di Bundesliga ditandai saat ia memasuki lapangan menggantikan Miroslav Klose di pertandingan antara Bayern München melawan Hamburg SV yang merupakan pertandingan pembuka Bundesliga musim 2008/09 pada tanggal 15 Agustus. Hingga kini, ia Müller tetap setia dengan Die Rotten  dan telah berpartisipasi dalam lebih dari 400 pertandingan. Total sekitar 178 gol telah ia sumbangkan dan berbagai piala telah diraihnya bersama klub asal Bavaria tersebut, termasuk tujuh kali juara Bundesliga serta satu piala Liga Champions. Selain itu, prestasi prestisius pun pernah ia rengkuh bersama tim nasional Jerman. Müller turut andil dalam perjuangan Der Panzer membawa pulang gelar juara Piala Dunia tahun 2004 lalu.


2. Thomas Müller dan Raumdeuter
Ich bin ein Raumdeuter.” Itulah yang ia ucapkan saat ditanya mengenai kehebatannya dalam sebuah wawancara dengan awak media di tahun 2011. Sejak saat itu, nama Thomas Müller selalu diasosiasikan dengan istilah Raumdeuter. Secara harafiah, Raumdeuter memiliki arti penjelajah ruang atau penafsir ruang. Banyak analisis yang sudah menilai bahwa istilah ini memang sudah selayaknya melekat pada diri Müller mengingat kemampuan yang dimilikinya saat merumput. Ia mampu membaca situasi permainan dan pandai bermain sebagai manipulator ruang di mana ia bisa memanfaatkan keterbatasan ruang yang ada demi meningkatkan peluang untuk mencetak gol. Bahkan, ia disebut-sebut sebagai Raumdeuter terbaik (dan mungkin terakhir) yang pernah ada. 

 3. Thomas Müller dan Selera Humornya
Sudah menjadi rahasia publik bahwa Müller adalah pemain paling konyol di antara rekan-rekan satu timnya, baik di Bayern München maupun tim nasional Jerman.  Misalnya saja, ia pernah ‘menipu’ wartawan yang menunggunya mendarat dari Doha di bandara München. Saat keluar, punggawa Jerman tersebut terlihat tengah sibuk menelpon seseorang. Namun saat dilihat lebih dekat, alih-alih telepon genggam ternyata ia menempelkan paspornya di telinga dan berakting seperti sedang menelpon sambil sesekali tertawa.



4. Thomas Müller dan Kekasihnya

Thomas Müller dan Lisa Müller bisa saja disebut sebagai couple goal. Keduanya selalu tampil mesra dan serasi di setiap momen. Tak hanya itu, mereka sama-sama memiliki kehebatan di bidang olahraga dan saling mendukung satu sama lain. Seringkali kita bisa melihat Lisa Müller berdiri di antara bangku penonton di Allianz Arena (kandang Bayern München) mendukung suaminya bertanding. Sebaliknya, sang istri merupakan seorang penunggang kuda yang kerap mengikuti kejuaraan horse riding dan Thomas Müller selalu berada di sisinya untuk memberikan semangat. Mereka berdua juga memiliki kuda pacu yang diberi nama Dave.


5. Thomas Müller dan Golf
Di samping profesinya sebagai pemain sepak bola, Müller juga meluangkan waktunya untuk bermain golf. Baginya, dengan bermain golf ia menemukan satu pengalaman yang menyenangkan. Dalam interview-nya dengan Focus Online, ia bercerita bahwa ia juga gemar menonton pertandingan-pertandingan besar turnamen golf yang ditayangkan di televisi. Selain itu, Müller juga menjadi duta Young Wings, sebuah yayasan sosial yang bertujuan untuk membantu keluarga kurang mampu. Bersama rekan-rekannya, ia menggalang dana melalui turnamen golf.

Comments