Happy International Pi Day!

Source: Pillsbury
Ketika membuka laman Google hari ini, kita bisa melihat logo yang menampilkan bahan-bahan pembuat kue pie. Ini tentu dibuat bukan tanpa alasan. Search engine populer ini kali ini mengubah logo mereka untuk memperingati International Pi Day, yang menginspirasi saya untuk membuat tulisan hari ini.


Apa itu Pi Day? Kalian tentu sudah tak asing dengan istilah ini. Mengingat kembali pelajaran Matematika zaman sekolah dulu tentang rumus menghitung keliling dan luas lingkaran. Pi dilambangkan dengan huruf yunani π. Meski kalian adalah pasukan yang benci pelajaran berhitung yang satu ini, saya yakin lambang π sangat familiar.

π x r x r untuk luas lingkaran

2πr untuk keliling lingkaran

Simbol π ini setara dengan angka 22/7 atau 3.14. Dan inilah salah satu alasan mengapa International Pi Day dirayakan atau diperingati setiap tanggal 14 Maret, atau lebih jelasnya dirayakan di bulan 3 tanggal 14. Tanggal ini diinisiasi oleh seorang fisikawan bernama Larry Shaw pada tahun 1988. Pi Day pertama kali dirayakan di tempat kerja Shaw di San Fransisco dengan circular parade dan pesta kue pie. Perayaan ini pun semakin berkembang dan tetap dirayakan hingga sekarang.

Apa saja yang bisa dilakukan ketika perayaan International Pi Day? Biasanya orang-orang akan banyak kegiatan dengan tema π atau 3.14, misalnya dengan lari sejauh 3.14 km, menggunakan kaus berlambang π, menonton film bertema matematika, atau mengasah kemampuan matematika dengan otak-atik angka 3.14. Ada pula kegiatan permainan kata dengan menggunakan kata Pi.

What was Sir Isaac Newton's favorite dessert? Apple pi!
Do you get the joke, people? Haha :)

Bisa juga dengan menggunakan kata Pi sebanyak-banyaknya sesuka hati kalian. Misalnya pi-lot, pi-neapple, pi-lates dan lain-lain. Asik, bukan?

Bagi para pasukan pembenci matematika, termasuk saya, tidak perlu besedih hati. Pi Day juga biasa dirayakan dengan pesta dan makan segala sesuatu yang bulat, seperti pizza, biskuit, buah melon atau jeruk (dan segalanya yang berbentuk bulat), dan yang paling terkenal adalah kue pie. International Pi Day memang sangat sering diasosiasikan dengan kue pie. Mengapa? Because pie and pi are pronounced the same.

Happy International Pi Day!

 

Comments