Schalke 04 Tuai Kemenangan di Bay Arena

Schalke 04. Sumber: Goal

Bayer Leverkusen kembali gagal meraih poin penuh saat menghadapi Schalke 04, kali ini di Bay Arena. Setelah bermain imbang di paruh pertama musim Bundesliga, Die Werkself harus takluk 2-0 di kaki Die Königsblauen di kandang mereka sendiri pada hari Minggu, 25 Februari 2018.

Publik Bay Arena dikejutkan dengan gol cepat pemain Schalke 04 ketika pertandingan memasuki menit ke-11. Umpan sejauh lebih dari 40 meter dari kaki Daniel Caligiuri disambut oleh Guido Burgstaller yang berlari adu cepat dengan dua pemain bertahan Leverkusen, Panagiotis Retsos dan Tin Jedvaj. Burgstaller berhasil memanfaatkan pertahanan Leverkusen yang tipis dan menjebloskan bola ke gawang Bernd Leno. Tim yang diperkuat Max Meyer dan Leon Goretzka tersebut berhasil unggul 1-0 di babak pertama.

Die Werkself yang kembali bermain tanpa diperkuat kaptennya mencoba membalas, tetapi upaya mereka sepanjang babak pertama tidak ada yang bisa menembus benteng pemain Schalke. Leverkusen sempat mengancam lewat Kevin Volland yang memanfaatkan umpan dari Leon Bailey, namun Volland sudah masuk ke posisi offside. Petaka bagi tim asuhan Heiko Herrlich muncul di menit ke-37 saat Dominik Kohr harus menerima kartu kuning keduanya setelah melanggar Breel Embolo. Akibatnya, mereka harus bermain dengan 10 pemain hingga akhir pertandingan.

Meski tertinggal satu angka dan kehilangan satu pemain, Leverkusen tidak mau menyerah begitu saja. Mereka mulai menyerang dan menembakkan bola ke arah gawang Schalke melalui Kai Havertz, Kevin Volland, Julian Brandt, Lucas Alario, Leon Bailey, bahkan Tin Jedvaj. Belum ada yang berhasil memecah kebuntuan tim berseragam merah tersebut. 

Sayangnya, keberuntungan kini sedang tidak berpihak pada kubu Bay Arena. Bayer Leverkusen harus kembali mendapatkan petaka pada menit ke-86 ketika Retsos melanggar Embolo di kotak dua belas pas, membuat wasit menunjuk titik putih tanda tendangan penalti dihadiahkan kepada tim The Royal Blues. Nabil Bentaleb yang menjadi algojo sukses menyarangkan bola ke sisi kiri gawang Leno, menipu sang kiper yang mengarahkan badannya ke sisi yang lain. Sisi pendukung tim tamu semakin bersorak menyambut kemenangan tandang Schalke 04 malam itu.

Patut diakui, Schalke bermain dengan pertahanan yang sangat baik. Berbeda dengan Leverkusen, yang entah ada apa, pertahanannya tampak sering sekali hilang. Schalke pun mengantongi tiga poin, membawa mereka naik ke posisi ketiga klasemen sementara Bundesliga dengan koleksi total 40 poin. Dan dengan kekalahan ini, Leverkusen harus rela turun ke posisi kelima dengan perolehan 38 poin.

Comments