Mengintip Rumah Masa Kecil Abraham Lincoln


Tanggal 12 Februari yang lalu merupakan hari kelahiran salah satu orang nomor satu Amerika Serikat, Abraham Lincoln. Di balik sosoknya sebagai seorang presiden dan politisi, Abraham Lincoln lahir dan tumbuh di wilayah yang bisa dikatakan sangat sederhana.

Abraham Lincoln Birthplace National Historical Park. Sumber: president usa

Abraham Lincoln dilahirkan pada tahun 1809 di sebuah kabin kayu kecil di Sinking Spring Farm, Kentucky dari pasangan Thomas dan Nancy Hanks Lincoln. Beralamatkan di 2995 Lincoln Farm Road, Hodgenville, kini didirikan sebuah monumen untuk mengenang sang presiden dan tempatnya dikenal dengan Abraham Lincoln Birthplace National Historical Park. Untuk masuk ke situs sejarah ini tidak dipungut biaya. Monumen bergaya neo klasik ini didirikan pada tahun 1909, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Theodore Roosevelt di tanggal yang sama dengan hari kelahiran Abraham Lincoln. Bangunan yang dibangun terdiri dari 16 jendela, 16 rosettes pada langit-langit, 16 tiang pagar, dan 56 undakan. Angka-angka ini dibuat sebagai representasi yang menunjukkan bahwa Abraham Lincoln adalah presiden ke-16 Amerika Serikat dan 56 merupakan usianya saat wafat ditembak. 

Replika Cabin Log keluarga Lincoln. Sumber: presidents usa
Sayangnya, rumah asli tempat sang presiden yang terkenal dengan topi tingginya tersebut sudah hancur. Namun, monumen yang berfungsi juga sebagai museum ini dapat mengobati rasa penasaran pengunjungnya. Di dalamnya, terdapat sebuah replika rumah kecil tempat Abe Lincoln kecil dilahirkan dan tinggal hingga ia berusia 2 tahun. Dibuat mirip dengan aslinya, isi rumah pun tertata layaknya rumah penduduk yang apa adanya, sedikit berantakan dengan beberapa barang yang digunakan oleh keluarga Lincoln pada saat itu. Di bagian Visitor Center, pengunjung dapat menemukan patung bayi sang politisi dan bersama dengan keluarganya.

Replika isi rumah. Sumber: roadtriptheworld
Sebetulnya, ada dua situs tempat kelahiran presiden dengan badan tertinggi tersebut. Tempat yang lain berada di Knob Creek Farm, juga lengkap dengan kabin kayunya yang bergaya abad ke-19. Namun, tempat ini lebih merepresentasikan kehidupan masa kecil Abraham Lincoln, di mana ia tinggal di sana ketika usianya menginjak dua setengah tahun hingga 8 tahun. Sempat disebutkan dalam suratnya yang ditulis kepada Samuel Haycraft dari Elizabethtown, ia menceritakan awal kehidupan yang ia ingat dimulai di Knob Creek, di mana ia dan saudaranya yang bernama Sarah, menanam biji labu dan jagung di kebun mereka. Ia dan saudaranya perempuannya itu pergi ke A,B,C School dan hanya bertahan dalam waktu yang singkat. Di situ pula, Abraham Lincoln harus kehilangan adik laki-laki yang meninggal karena sakit saat masih kecil.

Abraham Lincoln, terkenal pula dengan nama panggilan Honest Abe, dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-16 dari partai Republican di usianya yang ke-52. Dalam hidupnya sebagai politisi, ia juga memperhatikan dan gencar memperjuangkan hidup kaum budak. Abraham Lincoln meninggal setelah ia ditembak di Ford's Theater, Washington DC pada tanggal 15 April 1865, meninggalkan Mary Todd Lincoln sang istri serta empat orang anak yaitu Robert, Edward, William, dan Thomas.

Comments

  1. Sejarah sebagai tempat kita berkaca demi masa depan yg lebih baik

    ReplyDelete

Post a Comment