Marco Reus Kembali Beraksi Bersama Dortmund

Marco Reus. Source: Bundesliga

He's back! Welcome back, Reus

Borussia Dortmund berhasil membawa pulang tiga poin setelah menang atas Borussia Mönchengladbach pada hari Minggu kemarin, 18 Februari 2018. Marco Reus menjadi pahlawan kemenangan die Borussen berkat gol tunggalnya. Hal ini merupakan awal yang baik bagi gelandang serang bernomor punggung 11 tersebut, mengingat pertandingan kemarin merupakan penampilan ketiganya musim ini bersama Dortmund setelah ia harus absen sekitar satu tahun akibat cedera. 

Cedera panjang Marco Reus bermula saat Borussia Dortmund bermain menghadapi Eintracht Frankfurt pada final DFB Pokal  tanggal 28 Mei 2017 yang lalu. Dortmund berhasil menyabet gelar juara setelah mengalahkan lawannya, dan kemenangan ini ternyata harus dibayar mahal dengan cederanya pemain andalan mereka. Kapten tim yang berjuluk die Schwarzgelben ini harus menepi setelah pertandingan paruh pertama selesai. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, Dortmund mengeluarkan pengumuman resmi melalui website mereka yang menyatakan bahwa Reus mengalami cedera di bagian ligamen pergelangan kaki kanan dan harus absen selama beberapa bulan. Menanggapi masalah cederanya, Reus menyampaikan melalui interview yang dari website Bundesliga bahwa cedera adalah hal yang paling buruk bagi pemain sepak bola apalagi jika memakan waktu yang lama, namun ia adalah orang yang optimis.

Di awal tahun 2018, Reus mulai diberitakan bahwa ia akan kembali bermain membela timnya kembali. Lewat interview di website Bundesliga, ia mengaku tak sabar untuk segera bermain membela Dortmund. Benar saja, pada tanggal 10 Februari 2018 yang lalu, namanya masuk sebagai starter saat Dortmund menjamu Hamburg SV di Signal Iduna Park. Dortmund berhasil menang 2-0 saat itu meskipun ia masih belum bermain selama 90 menit penuh. Pelatih Dortmund saat ini, Peter Stöger, kembali menaruh harapan pada gelandang tim nasional Jerman tersebut dengan memainkannya saat Dortmund menang 3-2 melawan Atlanta di laga Europa League hari Kamis kemarin. Berlanjut ke Bundesliga tiga hari kemudian, nama Marco Reus  kembali masuk ke dalam skuad starting eleven bersama dengan Mario Götze dan Andre Schuerlle saat bertandang ke markas Gladbach. Dalam pertandingan tersebut, Reus mencetak gol perdananya yang membawa Dortmund kini bertengger di posisi kedua klasemen sementara Bundesliga. Gol indahnya pun menjadi satu-satunya penentu kemenangan Dortmund.

Marco Reus merupakan salah satu pemain kunci yang memegang peranan besar di lapangan, jadi tak heran jika ia adalah sosok yang ditunggu-tunggu tak hanya bagi tim, namun juga para penggemarnya.  Sesuai dengan statistik yang dijelaskan di laman Bundesliga, peluang Dortmund dalam mencetak gol di setiap pertandingan bersama Reus meningkat hingga 2.2 kali per 90 menit. Die Borussen juga memiliki lebih banyak tendangan ke gawang, yaitu sekitar 17 kali per pertandingan dibandingkan tanpanya. Tak hanya itu, ia juga dilabeli sebagai big-game player. Sejauh ini ia sudah menyumbangkan 56 gol untuk Dortmund dan 42 assists. Ia juga telah berkontribusi dalam sembilan gol yang tercipta dan mencetak 5 gol dalam 14 pertandingan melawan sang rival abadi, Bayern München, membuatnya sebagai salah satu ancaman untuk die Bavarian serta klub raksasa Bundesliga yang lain.

Kembalinya Marco Reus juga dikaitkan dengan kemungkinannya dipanggil menjadi salah satu pemain tim nasional Jerman untuk berangkat ke Rusia dalam gelaran Piala Dunia 2018 bulan Juni mendatang. Mengenai hal ini, Reus menyatakan bahwa ia melakukan pembicaraan dengan Joachim Löw. Gelandang berusia 28 tahun tersebut mengatakan bahwa ia sangat ingin bermain untuk tim der Panzer dan sekali lagi ia tetap optimis atas kemungkinan yang akan terjadi nanti. 

Dan untuk para penggemarnya, kita juga harus tetap optimis menanti gebrakan-gebrakan selanjutnya dari Marco Reus.

Comments