Kemegahan Charlottenburg Palace di Jantung Berlin


Charlottenburg Palace. Source: planetware
Jerman memang tak begitu terkenal dengan kerajaannya seperti Inggris. Bila  London memiliki Buckingham Palace, Berlin pun memiliki istana terbesarnya yang dinamakan Charlottenburg Palace  atau dalam Bahasa Jerman disebut pula dengan Charlottenburg Schloss. Di antara beragam destinasi di kota Berlin, istana megah ini tak luput dari perhatian para traveler yang menjelajah ibu kota Jerman tersebut.

Charlottenburg Palace terletak di pusat kota Berlin, tepatnya di Spandauer Damm. Istana ini tak jauh letaknya dari Brohan Museum dan berjarak sekitar tujuh menit dari Stadion Olympic Berlin yang merupakan stadion kebanggaan tim olahraga nasional Jerman dan sekaligus menjadi markas tim sepak bola Hertha Berlin.

Bangunan bergaya baroque ini didirikan oleh Elector Friederich III pada tahun 1699 dan diperkirakan selesai di tahun 1713. Elector dalam hal ini merupakan gelar yang diberikan kepada seorang pangeran Jerman yang terpilih sebagai bagian dari Holy Roman Emperor.  Pada awal mula tempat ini didirikan, Elector Friederich III hanya ingin membuatkan tempat tinggal bagi istrinya untuk musim panas.  Istana ini secara khusus dan didedikasikan kepada sang istri yang bernama Sophie Charlotte. No surprise, istana yang dulunya bernama Lietzenburg Palace ini pun kemudian dinamai Charlottenburg Palace, sesuai dengan nama istrinya. Perubahan nama ini dilakukan setelah sang Putri meninggal dunia.

Ketika itu, seiring  berjalannya waktu, bangunan megah ini terus mengalami perluasan area  sehingga akhirnya Charlottenburg Palace menjadi istana terbesar yang dimiliki kota Berlin. Bangunannya terdiri dari beberapa bagian. Pertama adalah Old Palace. Di sini pengunjung dapat melihat ruangan-ruangan dengan dekorasi baroque, termasuk royal apartments. Selain itu , di situ banyak tersiman koleksi-koleksi porselen Cina dan Jepang.  Beralih ke New Wing, ruangan di sini menampilkan kemewahan gaya Rococo, lengkap dengan furnitur yang diberikan oleh  Friedrich The Great. Beranjak keluar, pengunjung akan mendapati patung Elector Friederich III yang berdiri gagah di depan istana. Rumah bangsawan ini juga dilengkapi dengan Great Orangerie,  sebuah ruangan khusus untuk menyimpan buah-buahan dan melindunginya dari musim dingin dan panas. Selain itu, di dalam istana Charlottenburg juga terdapat koleksi lukisan Perancis abad ke-18. Menengok ke halaman belakang, hamparan English Garden dengan tatanan bunga warna-warni menjadi poin penambah keindahan.

Dulunya, pertunjukan seni, opera, dan teater dihelat di Charlottenburg Palace selama keluarga kerajaan ini masih memimpin. Ditambah lagi, Sophie Charlotte adalah penggemar seni, jadi tak heran pesta dan pertunjukan seni sering diadakan di tempat tersebut. Sekarang, setiap orang bisa menikmati keindahan dan kemewahan istana ini. Untuk mendalami Charlottenburg Palace pun bisa dilakukan dengan menggunakan jasa pemandu wisata yang telah disediakan di sana.


Comments

Post a Comment