Freiburg Münster, Katedral Bersejarah di Wilayah Black Forest

Source: Kathpedia

Freiburg im Breisgau adalah sebuah kota yang terletak di bagian selatan Jerman. Dikelilingi oleh Black Forest, Freiburg juga dikenal sebagai salah satu kota terhijau di negara asal Der Panzer tersebut. Freiburg mungkin bukan menjadi destinasi utama bagi mereka yang ingin bepergian ke Jerman, namun hal tersebut bukan berarti kalau Freiburg tidak memiliki point of interest. Selain menawarkan keindahan alam pegunungan dan hutan Black Forrest-nya, ada beberapa destinasi populer di Freiburg misalnya saja Munsterplatz, Augustinermuseum yang menyimpan patung-patung seni dari Katedral Freiburg, atau Schwarzwald Stadion bagi mereka penggemar sepak bola dan pendukung SC Freiburg.


Salah satu destinasi kota di wilayah Baden-Württemberg ini yang terkenal adalah Freiburg Münster, atau biasa disebut juga dengan Freiburg main cathedral. Bangunan ini merupakan sebuah gereja dengan tiga gaya atau konsep arsitektur, yaitu Romanesque, high gothic, dan late gothic. Freiburg Münster mulai didirikan pada tahun 1200 dan selesai pada tahun 1513, di mana selama masa konstruksinya ada di bawah pimpinan Berthold V von Zähringer, salah satu duke kerajaan di Jerman. 



Source: Expedia
Bangunan dengan nuansa abad pertengahan ini memiliki fitur-fitur yang mengagumkan. Gereja dibangun sebagai refleksi surga di atas bumi, memiliki sebuah menara dodecagonal (memiliki 12 sisi dan 12 sudut) setinggi 116 meter dengan puncaknya yang menjulur ke langit terbuka dan menjadikannya sebagai desain baru di sejarah bangunan Gothic. Hal tersebut pun memberikan pengaruh bagi ratusan arsitektur gereja di Eropa. Seorang ahli sejarah asal Swiss bernama Jacob Burckhardt mendeskripsikannya sebagai "the most beautiful spire on earth." Selain itu, Freiburg Münster juga memiliki 19 buah lonceng, dan diantaranya ada sebuah lonceng tertua berusia 750 tahun dengan berat tiga ton yang dikenal sebagai Lonceng Hosanna dengan dentingan bunyinya yang melankolis dan lantang. Di dalam gereja, ada dua altar utama, yaitu altar Hans Baldung dan altar Hans Holbein the Younger di kapel. Sebuah lukisan karya Hans Baldung Grien, pelukis terkenal era Renaissance, berjudul Coronation of Virgin Mary dipajang di altar Hans Baldung.


Menara Katedral Freiburg. Source: Expedia
Satu hal lain yang unik mengenai katedral ini adalah bangunan ini tetap berdiri di tengah berbagai perang dan pengeboman yang terjadi tahun tersebut. Freiburg Münster menjadi saksi terutama saat dua perang dunia di abad ke-20, sekaligus menjadi sejarah kota Freiburg selama lebih dari 800 tahun. Kini, katedral Freiburg menjadi sebuah warisan sejarah yang selalu dijaga dan dibenahi seiring berjalannya waktu.

Comments