Extra Time! Leverkusen Melaju ke Semifinal DFB Pokal

Bayer Leverkusen. Sumber: web.de



Kompetisi tahunan Piala Liga Jerman, DFB Pokal, kini memasuki tahap delapan besar. Dua tim raksasa Bundesliga bertanding tadi malam (06/02/2018). Salah satunya adalah pertandingan Bayer Leverkusen dan Werder Bremen di Bay Arena yang berlangsung menegangkan.

Ketika babak pertama baru berjalan dua menit, Jonathan Tah melakukan pelanggaran kepada Max Kruse di kotak penalti Leverkusen sehingga wasit menunjuk titik putih. Max Kruse mengeksekusi bola dengan baik, menyarangkan bola ke arah kiri gawang kiper Leverkusen, Bernd Leno. Skor 1-0 untuk keunggulan Werder Bremen di menit ke-empat pertandingan.

Leverkusen tampaknya belum siap di menit-menit awal laga. Publik Bay Arena kembali dikejutkan dengan gol kedua Werder Bremen di menit ke-7. Kali ini, Aron Johannsson mengoyak gawang Leno setelah menerima assist dari Max Kruse, memanfaatkan kesempatan saat pertahanan Leverkusen tampak berlubang dengan menyisakan dua orang pemain bertahan, termasuk Sven Bender, yang tak mampu mengejar striker bernomor punggung 9 tersebut. 

Tertinggal 2 gol membuat Die Werkself, julukan Leverkusen, untuk berusaha menyerang. Upaya mereka berhasil di menit ke-31. Dominik Kohr berlari menuju pertahanan Bremen, mengoper bola kepada Julian Brandt yang kemudian menembakkannya ke gawang yang dijaga oleh Jiri Pavlenka. Hingga babak pertama usai, skor 2-1 bertahan untuk keunggulan tim tamu.

Di paruh kedua, Leverkusen semakin menyusun serangan melalui pemain-pemain andalannya, termasuk Leon Bailey dan Charles Aranguiz. Leverkusen akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-55 berkat gol Julian Brandt yang memanfaatkan assist dari sang kapten, Lars Bender. Winger berusia 21 tahun tersebut kini mencatatkan namanya untuk kali kedua di papan skor. 

Dengan skor yang imbang, kedua tim kini saling berbalas serangan. Werder Bremen sempat mengancam gawang Leverkusen di menit ke-61, namun Lars Bender berhasil menghalau bola. Kemelut juga terjadi di menit ke-75, ketika Brandt menyundul bola dan disambut oleh Kohr tepat di depan Pavlenka. Namun sayangnya, Pavlenka masih mampu menangkap bola tersebut. Sampai pada menit ke-90 pertandingan, skor tetap tidak berubah sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan tambahan waktu 2 x 15 menit.

Babak tambahan pun masih berlangsung dengan sengit dengan saling serang dan bertahan. Karim Bellarabi akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-111 melalui umpan Lucas Alario. Dan tujuh menit kemudian, Bay Arena kembali bersorak ketika gelandang belia Leverkusen, Kai Havertz, menyarangkan bola untuk menambah pundi gol Die Werkself. Kombinasi gol tercipta dari Benny Henrichs, mengoper bola ke Bellarabi sebelum berbuah gol dari kaki Havertz.

Gelaran perdelapan final DFB Pokal kali ini menjadi hal yang spesial bagi Bayer Leverkusen. Setelah tertinggal di babak pertama, mereka berhasil mengakhiri pertandingan dengan skor 4-2. Heiko Herrlich patut diapresiasi karena ia mampu menyemangati tim asuhannya ke babak semifinal. Di pertandingan lain, Bayern Muenchen juga sukses melaju ke semifinal setelah menghantam Paderborn enam gol tanpa balas. Lawan di semifinal nanti masih harus menunggu pertandingan tanggal 7 Februari nanti dimana Eintracht Frankfurt bermain melawan Mainz dan Schalke 04 menghadapi Wolfsburg.

Comments