Bayer Leverkusen Menang Tipis Atas Hamburg SV


Hamburg SV vs Bayer 04 Leverkusen
Hamburg SV menjamu Bayer 04 Leverkusen di kandang mereka, Volksparksatdion, pada hari Sabtu, 17 Februari 2018. Masing-masing tim membawa misinya di matchday ke-23 pekan ini. Hamburg SV yang berjuluk Der Dino akan berusaha memenangkan pertandingan untuk keluar dari zona degradasi, sementara Leverkusen berambisi memetik tiga poin setelah terjungkal dan takluk pada Hertha Berlin minggu lalu. Pertandingan malam ini menandai beberapa momen, di antaranya adalah Kyriakos Papadopoulos yang kali ini menghadapi mantan klubnya serta kembalinya bek Leverkusen, Tin Jedvaj, setelah cedera panjang sejak bulan Mei 2017. 

Bernd Leno kembali memimpin Die Werkself karena Lars Bender masih belum fit dari cederanya. Selama babak pertama, Leverkusen menguasai pertandingan dengan persentase 58%.  Hamburg sebagai tuan rumah mulai mengancam pertahanan Leverkusen ketika pertandingan baru memasuki menit ke-5. Sayangnya, pemain depan Hamburg kurang siap menerima umpan kawannya dan bola berhasil direbut oleh Sven Bender. Bayer Leverkusen yang mengenakan jersey hitam malam itu tak tinggal diam dan mulai menyusun serangan. Mereka membuat peluang secara bertubi-tubi di menit 20-an melalui pemain-pemain andalan mereka yaitu Kevin Volland, Julian Brandt, Kai Havertz, dan Charles Aranguiz. Namun, tendangan anak asuh Heiko Herrlich tersebut masih melenceng tipis dari sasaran. Di menit ke-40, Dominik Kohr melakukan solo run menembus pertahanan Der Dino. Bola kemudian ia umpankan kepada rekan se-timnya yang keberadaan dan kemunculannya sepertinya tak diduga oleh pemain belakang Hamburg. Leon Bailey menyambar bola dan menendangkannya ke gawang yang dijaga oleh Christian Matheina. Kedudukan berubah untuk keunggulan Leverkusen dan skor bertahan 1-0 hingga turun minum.

Babak kedua pertandingan kali ini berlangsung lebih sengit ditandai dengan kedua tim yang saling menyerang pertahanan satu sama lain. Die Werkself mengawali paruh kedua dengan gol dari Kai Havertz di menit ke-49. Gelandang berusia 19 tahun tersebut berhasil memanfaatkan assist dari Benny Henrichs yang mendapatkan bola dari pergerakan Leon Bailey. Hamburg yang minim tembakan di babak pertama kini mulai menggencarkan serangan. Bobby Wood yang masuk menggantikan Jann-Fiete Arp beberapa kali membuat pendukung Leverkusen harus menahan napas. Ia sempat menghantui Bernd Leno dengan tendangannya di menit ke-65, tetapi Leno dengan sigap menangkap bola tersebut. Kerja keras Hamburg berbuah di menit ke 70 ketika mereka berhasil menipiskan skor menjadi 1-2. Umpan dari Walace diterima dengan baik oleh Andre Hahn yang kemudian memanfaatkan tipisnya defender Die Werkself saat itu.  Dengan ball possession yang nyaris sama, jual beli serangan juga semakin gencar dengan total tembakan masing-masing 13 dari sisi Hamburg dan 20 dari tim tamu. Namun, tendangan-tendangan tersebut tak ada lagi yang berhasil bersarang di gawang. Peluit akhir pun dibunyikan dan Leverkusen berhasil membawa pulang 3 poin.

Hamburg SV harus kembali menerima kekecewaan setelah minggu lalu mereka juga takluk 2-0 di kaki Borussia Dortmund. Anak buah Bernd Hollerbach tersebut kini masih bertengger stagnan di posisi ke-17 klasemen sementara Bundesliga dengan ancaman degradasi. Sementara itu, Leverkusen yang kini mengoleksi 38 poin kembali naik ke posisi runner up. Tetapi, mereka belum bisa sepenuhnya lega sebab rival terdekat mereka yaitu Borussia Dortmund dan RB Leipzig masih akan dijadwalkan bertanding di hari Minggu, 18 Februari 2018 dan Senin, 19 Februari 2018.

Comments